Sunday, August 4, 2019

Kelonggaran


Kelonggaran mungkin padanan kata redundancy. Di engineering kita mengenal terminologi kelonggaran yang mengurangi efisiensi agar satu sistem engineering tidak mudah gagal atau rusak. Pemadaman listrik sebagian Jawa di hari Minggu, 4 Agustus melukiskan pentingnya kelonggaran.

Jika sebagian besar penduduk memakai kendaraan listrik sementara reliabilitas (ketangguhan) pasokan listrik Jawa tidak 99% maka kelumpuhan bisa lebih menyeluruh. Bukan hanya listrik yang padam, tapi transportasi bisa sangat terganggu bahkan lumpuh.

Optimasi sistem apapun yang memusat ke satu titik mempunyai kelonggaran rendah. Jika titik sumber lumpuh, maka semua akan lumpuh. Negara seperti Indonesia semestinya tidak mendisain sistem apapun yang memusat karena persebaran penduduk dan geografis.

Jangan mudah tergiur rayuan kemajuan teknologi jika tidak cocok dengan keadaan riil di lapangan. Pasokan listrik Jawa saya diberitahu 90% datang dari batubara, berarti ketangguhan pasokan listrik sebenarnya tidak tinggi karena banyak kemungkinan kerusakan sistem mekanik turbin karena partikel partikel debu yang dihasilkan. Belum lagi potensi keterlambatan pasokan batubara karena faktor cuaca dan jalur logistik dari tambang batubara.

No comments:

Post a Comment