Tuesday, May 7, 2019

Belajar memakai Studi Kasus


Hari ini saya mencoba metode pengajaran memakai studi kasus. Saya berikan ke mahasiswa2 saya bahan bacaan ditail yang memuat informasi yang saya sampaikan di kelas. Di kuliah hari ini saya jadi tidak membahas dengan ditail materi yang saya berikan; cukup saya berikan garis besarnya: (i) prinsip kerja, (ii) parameter disain, (iii) aspek ditail tambahan.

Setelah menjelaskan garis besar dan alur informasi pokok masalah agar mahasiswa bisa memahami prinsip dasar disain yang saya sampaikan, saya berikan 5 studi kasus agar tiap tim memilih satu dari 5 ini. Saya berikan waktu seminggu buat mereka untuk menyelesaikan satu masalah disain, yang lebih kurang berbobot satu pertanyaan ujian akhir ditambah pertanyaan2 disain. Total bobot kesukaran tiap studi kasus sekitar 3 pertanyaan ujian akhir.

Akan saya lihat apakah mahasiswa2 mampu menyelesaikan studi kasusnya dengan baik. Minggu depan penentuannya.

No comments:

Post a Comment