Wednesday, November 21, 2018

Definisi Kualitas


Hari ini saya diingatkan bahwa diskusi terbaik tentang Kualitas ada di buku Zen and the Art of Motorcycle Maintenance yang ditulis Robert M. Pirsig. Kemarin di kuliah proyek skripsi saya berbicara tentang Kualitas. Ada satu mahasiswa yang teringat oleh buku itu setelah mendengar kuliah saya. Dalam percakapan kita hari ini dia bertanya apa saya tahu buku itu. Tanpa banyak bicara saya ambil buku itu dari rak buku di kantor.

Kualitas itu pada dasarnya Kepuasan Pemakai. Dalam bersepeda motor, pengendara akan merasakan dengan cepat kualitas sepeda motornya karena dia terekspos dengan suara bahkan bau motor. Dia juga akan merasakan tiap getaran yang dihasilkan oleh motor. Dia merasakan hembusan angin, bau rumput, dan tiap benjolan jalan. Mengendarai sepeda motor membuat kita sadar apa itu Kualitas.

Buku yang ditulis Pirsig juga mengupas arti Kualitas dari sudut pandang filsafat. Bahwa sifat-sifat Kualitas tidak pernah atau jarang didiskusikan di universitas. Kita lebih memperhatikan sifat Benar atau Salah dalam menilai satu masalah khusus dengan mengabaikan hubungannya dengan aspek lain.

Kualitas kerap jadinya dihubungkan dengan atribut lain seperti Harga atau Pendapat Umum. Apalagi sekarang di jaman media sosial dimana orang-orang yang berpikiran lemah akan mudah digiring seperti kambing untuk meng-iya-kan apapun yang menjadi trending topic di medsos.

No comments:

Post a Comment