Tuesday, August 14, 2012

Makan


1. Makan adalah satu-satunya aktivitas tubuh yang memasukkan benda asing padat dan cair ke dalam tubuh kita. Berhubungan seks saja tidak seperti makan karena benda asing yang dimasukkan sebentar aja. Bernafas memasukkan gas ke paru-paru tapi jumlahnya tidak sebesar makanan.

2. Karena makan bersifat istimewa diatas, makan tidak bisa dianggap sepele. Apalagi dilakukan 3 kali sehari. Lebih baik sedikit tapi enak dan sehat. Karena makanan yang tidak enak dan tidak sehat merusak cita rasa dan kesehatan.

3. Porsi makan sehari-hari tidak banyak sebenarnya. Sepiring sekali makan sudah cukup. 3000 kcal/sehari (2 piring sekali makan) baru diperlukan jika bersepeda 120 km. Jika badan saya gemuk, berarti saya makan melebihi takaran. Gak ada ceritanya gemuk tanpa makan berlebihan.

4. Karena sepiring sudah cukup, lebih penting jadinya makan yang berkualitas. Waktu saya dulu nyari istri, saya gak peduli omongan orang istri harus bisa masak. Tapi saya bersyukur istri bisa masak walaupun saya gak tahu dulunya. Lah wong dulu saya yang ngajari masak; berarti saya bisa masak juga ya he he.

5. Sewaktu kita di Indonesia setahun (2011-2012) satu hal yang saya tidak komplen adalah makanan. Makanan dimana-mana lumayan lah, tapi kebanyakan - terus terang saja - overrated. Kualitas biasa saja tapi ngejualnya atau foto fesbuknya dilambungin minta ampun. Mendingan masakan istriku sendiri deh. Cuma dapur apartemen kita di Jakarta kecil, jadi saya senang sekarang bisa di Calgary dan menikmati makanan istri sendiri.

No comments:

Post a Comment