Tuesday, March 20, 2012

Tiga Pelajaran


1. Bantu diri sendiri sebelum bantu orang lain

Jangan termakan pikiran menggebu membantu orang lain karena belum tentu dia mau dibantu atau berubah. Membantu orang lain akhirnya melelahkan karena waktu sendiri terbuang percuma, jika tidak dilakukan dengan senang.

Ada alasan masuk akal kenapa orang jatuh miskin. Dia kurang pendidikan atau tidak cerdas, kurang bekerja keras, salah strategi usaha, atau kombinasi ketiganya. Bisa orang miskin karena besar pasak dari tiang. Bukan hanya karena beli barang yang berlebih, tapi karena tanggung jawab yang dia pikul melebihi kemampuannya.

Orang miskin yang memang sadar atau senang miskin tidak perlu dibantu. Orang seperti ini berkarakter merdeka dan tidak bisa dibujuk atau ditaklukkan.

Orang miskin yang mengeluh miskin bisa dibantu, tapi jangan membantu melebihi kemampuannya untuk bangkit dari kemiskinan.

2. Semua orang punya masalah

Omong kosong orang tertawa dan tersenyum terus. Bilang tidak ada masalah. Orang ini, jika tidak bodoh, tidak mengerti buat apa hidupnya.

Penting untuk mencari apa yang tiap kita senang lakukan saat masih hidup. Karena semua orang punya masalah. Jika saya tidak melakukan yang saya cintai tiap hari, maka masalah saya lebih banyak dari masalah orang lain.

Apa yang sekejab terlihat menyenangkan akan membawa masalah. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Mau seks gratis, orang kemudian berpikir untuk menikah. Tapi anak muda kurang sadar biaya keluarga sangat besar dibanding biaya hidup sendiri.

3. Tiap kita tidak pernah belajar dari pengalaman orang lain

Orang pintar saja sering berbuat salah, apalagi yang bodoh. Tambah lagi, semua orang tidak pernah belajar dari pengalaman orang lain.

Sering saya sarankan ke anak muda untuk tidak cepat menikah. Tapi sama seringnya saran saya diabaikan. Ya sudah, silakan. Risiko tanggung penumpang sendiri.

Makanya dunia berputar terus. Tiap kita mencari jalan sendiri. Karena tiap kita tidak pernah cukup bijaksana untuk belajar dari pengalaman orang lain.

No comments:

Post a Comment